Berita

Mahasiswa Prodi Manajemen Menjadi Narasumber Seminar Kewirausahaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Kolaka – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka) menyelenggarakan kegiatan seminar kewirausahaan (1/10/2020) kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan tema “strategi berwirausaha di era pandemi covid-19″, seminar ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dalam sambutannya dia menyampaikan bahwa kegiatan kewirausaahan merupakan kegiatan tahunan yang dimulai dilakukan oleh prodi Administrasi Publik dilanjutkan lagi mahasiswa setiap angkatan yang memprogram mata kuliah kewirausahaan melalui kegiatan ekspo produk mahasiswa. Pelaksanaan  seminar ini dalam rangka mendukung program pemerintah dalam menggalakan kewirausahaan, salah satunya melalui merdeka belajar.  

Lebih lanjut Dekan FISIP menyampaikan semoga seluruh peserta seminar ini dapat memanfaatkan momen ini untuk menimba ilmu kewirausahaan sebaik-baiknya. Apa lagi saya melihat bahwa para pemateri seminar kali ini merupakan wirausahawan-wirausahwan muda yang sukses dan kaya akan pengetahuan dan pengalaman berwirausaha sudah tidak diragukan lagi.

Dalam kegiatan ini salah satu pematerinya adalah Urfiana mahasiswa prodi manajemen USN Kolaka yang telah terjun di dunia usaha. Urfiana menjelaskan bahwa kuliah sambil berwirausaha memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam membagi waktu antara kuliah dan menjalankan usaha. Namun hal tersebut dapat terselesaikan dengan cara mengatur waktu secara efektif dan efisien.  Point penting yang disampaikan oleh Urfiana dalam berwirausaha juga harus ada motivasi yang menjadi pendorong agar mahasiwa mau berwirausaha.

Seminar kewiruasahaan ini juga menghadirkan pengusaha sukses dari perwakilan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia  Sulawesi Tenggara (HIPMI- SULTRA) yaitu Sasmita Sugiardi owner sasmita skin dan La Ode Jaiwan owner walemba Parfum.  Sasmita menjelaskan bahwa dengan kondisi pandemi ada peluang untuk membuka usaha baru, karena dengan adanya masalah maka dibutuhkan sebuah solusi atau sebuah penyelesaian, solusi tersebut bisa menjadi sebuah usaha. misalnya menjual masker dan hand sanitizer, sebagaimana diketahui baik masker dan hand sanitizer merupakan solusi untuk mencegah penyebaran covid-19, contoh ini bisa menjadikan referensi mahasiswa untuk memulai sebuah usaha.  Selanjutnya La Ode Jaiwan menjelaskan bahwa intinya adalah kemauan dari mahasiswa dulu menjadi wirausaha, usaha apapun tidak menjadi masalah karena yang menjadi masalah mau atau tidaknya untuk berwiarusaha. Dalam berbisini harus menghadirkan kelebihan dan memiliki konsep yang membedakan dengan produk lain dan menjadi perhatian orang. Dalam hal ini membuat branding produk.

Pelaksanaan seminar kewirausahaan ini sesuai dengan komitmen Rektor USN Kolaka menjadikan USN Kolaka sebagai salah satu perguruan tinggi yang dapat menghasilkan lulusan yang bekualitas dan memilki daya saing (Admin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *