Berita

PENGEMBANGAN SOFTSKILL MAHASISWA MANAJEMEN DI TENGAH PANDEMIK DALAM BIDANG PENULISAN JURNALISTIK

Sabtu, 1 Mei 2021 Mahasiswa (i) Manajemen kembali mengadakan kegiatan pelatihan jurnalistik, bertempat di lantai 1 Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USN Kolaka, Popalia. Kegiatan ini diadakan oleh Tim Jurnalistik Manajemen yang diikuti oleh 10 peserta Mahasiswa (i) Mananajemen angkatan 019 dan 020.

Pada pembukaan kegiatan diawali sambutan oleh salah satu pembina Tim Jurnalistik Manajemen – Sudarnice,S.Pd.M.M.,CHRMP. Dilanjutkan sambutan oleh Kaprodi Manajemen USN Kolaka Niar Astaginy, SE.,M.Si. secara daring- dalam sambutannya Kaprodi Manajemen sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan tak lupa pula ia mengingatkan semua peserta agar selalu mematuhi protokol kesehatan. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik ini karena kegiatan ini dapat menjadi salah satu langkah dalam pengembangan softskill mahasiswa manajemen, dan masih berada ditengah pandemik ini saya harap para peserta dan pelaksana kegiatan ini tetap dalam protokol kesehatan”, ucapnya. – sekaligus membuka kegiatan pelatihan jurnalistik secara resmi.

Walaupun kegiatan ini dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan dan masih dalam keadaan pandemi. Namun, ini tidak mengurangi semangat belajar yang ditunjukkan oleh para peserta pelatihan jurnalistik. Pelatihan jurnalistik pada hari pertama, materi dibawakan oleh Indar Ismail Jamaluddin, S.Sos.,M.AP materi ini terbagi menjadi dua sesi, disesi pertama materi yang dibawakan yaitu Mengenal Jurnalistik. Pada sesi ini Indar Ismail Jamaluddin,S.Sos.,M.AP memperkenalkan apa itu jurnalistik, menjelaskan macam-macam media massa, dan menjelaskan kode etik jurnalistik, kepada peserta pelatihan jurnalistik. Beberapa jam kemudian masuk waktu sholat duhur, setelahnya dilanjutkan materi sesi kedua, dengan pemateri yang sama. Materi kedua berjudul Bahasa jurnalistik, di sini dijelaskan mengena, cara menyusun berita, membuat kalimat efektif, menjelaskan jenis-jenis berita, serta teknik mengumpulkan berita.

Dilanjutkan pada hari kedua (2 mei 2021) materi dibawakan oleh Alfaddal, juga terdiri dari dua sesi, disesi I membahas terkait Sejarah dan Urgensi Jurnalisme di Era Milenial” dan setelah istirahat kurang lebih 60 menit dilanjutkan sesi II terkait “Perbedaan dan Metode Penulisan Esay, Opini, dan Artikel.”

Pelaksaan kegiatan ini dilakukan bagi mahasiswa untuk berkompetensi dalam bidang menulis dan dapat mengembangkan karya tulis yang baik untuk media cetak bak itu online maupun offlne. Dengan mengikuti kegiatan tersebut mahasiswa dapat mengeksploitasi sebuah informasi lebih dalam . alaupun sebagian kecil yang mengikuti kegiatan tersebut itu tidak jadi penghalang bagi mahasiswa yang telah berpartisipasi untuk menuntut ilmu. Memanfaatkan momentum pelatihan jurnalistik semacam ini bagi mahasiswa prodi manajemen dapat meningkatkan potensi diri dan membangun keterampilan. (Reskiani)

Editor: Rahmatang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *